Curhatan Seorang Ireztia Tentang Testimonial

Posted: October 5, 2011 in Uncategorized
Tags: , , , ,

Hallo customer setia Egyptian Cream…
Selamat pagi, siang, sore, dan malam,,, kapanpun kalian kebetulan membaca artikel ini 🙂
Kali ini aku hanya ingin sekadar bercerita aja sih… Mengenai perjalanan panjang seorang Ireztia yang menjual produk Egyptian Magic Cream dan Beauty Magic Cream.  Senang sekali melihat respon yang positif untuk kedua produk ini sehingga akhirnya, saat ini ketika saya menulis artikel ini, saya baru sadar ada begitu banyak blog online yang menjual produk serupa. Tapi tak masalah, setiap orang sudah diatur rejekinya masing-masing kan, hehe…
Karena yang terpenting bagi kami adalah bagaimana saya bisa menjual produk Egyptian Magic Cream dan Beauty Magic Cream yang berkualitas dan terjamin 100% keasliannya. Kepuasan dan keamanan kulit konsumen adalah segalanya bagi saya sehingga saya sangat concern terhadap keaslian produk yang saya jual di tengah persaingan yang begitu hebat. Saya sadar, kepercayaan konsumen adalah sebuah harga yang mahal sehingga ketika kepercayaan itu sudah diraih, saya harus menjaganya sampai kapanpun secara mutlak.
Namun, dalam sebuah perjalanan usaha tentu tidak pernah bisa berjalan mulus-mulus saja. Egyptian Cream pun mengalaminya, bahagia dengan keakraban para customer yang semakin banyak, namun ada juga saat kecewa dan sedih ketika ada pihak-pihak tertentu yang mencoba menjatuhkan mental saya.
Tapi itulah usaha. Itulah seninya. Karena bagi saya, persaingan adalah sebuah alat efektif bagi para penjual online untuk lebih menghargai bahwa customer setia adalah sebuah harga yang tak ternilai bagi keberlangsungan usaha saya.
Oya, ada kejadian menarik juga yang ingin saya ceritakan. Beberapa hari lalu, tak sengaja saya berselancar ke salah satu blog online yang menggunakan google adsense. Blog tersebut menjual produk serupa (EMC-BMC). Dan yang membuat saya kaget adalah dia menampilkan testimonial customer asli Egyptian Cream.
Saya sampai sekarang memang belum menegur pemilik OS tersebut. Memang belum ada undang-undang yang mengatur mengenai hak paten, hak merk, ataupun hak kekayaan intelektual dalam sebuah dunia maya. Tetapi saya pikir, alangkah tidak etisnya perbuatan tersebut. Bukan saja karena testimonial itu bukan miliknya, tetapi juga OS tersebut sama sekali tidak meminta izin kepada saya untuk ‘mencomot’ testimonial tersebut di blog jualannya.
Itu baru blog yang kebetulan saya lihat. Saya tidak tahu ada berapa banyak blog lain yang melakukan hal serupa. Karena bagaimanapun, testimonial dalam sebuah blog online itu sangat berharga bagi owner. Hal yang penting untuk menciptakan kepercayaan konsumen terhadap sellernya. Testimonial yang banyak dapat menunjukkan sejauh mana kualitas produk yang ditawarkan, juga sejauh mana kedekatan konsumen dengan sellernya. Itu poin yang cukup penting bagi saya, Egyptian Cream dalam menjual produk Egyptian dan Beauty Magic Cream asli secara online.
Mendapatkan sebuah testimonial dari konsumen bukanlah sebuah proses yang mudah. Perlu perjalanan panjang sehingga sampai di titik dimana konsumen benar-benar percaya dan mau memberikan kesaksian nyatanya kepada saya secara sukarela. Kepercayaan konsumen tidak bisa didapat dengan mudah. Dan saya sudah melewati ratusan minggu yang panjang untuk terus menjaga kepercayaan konsumen dengan menjual produk asli sehingga bisa sampai di titik ini, dimana konsumen sudah mencapai angka ribuan orang dan terus bertambah setiap harinya.
Lalu, bagaimana rasanya… jika testimonial yang susah payah kita kumpulkan dengan segenap kejujuran itu dengan mudahnya ‘dicomot’ oleh OS lain, yang mungkin belum mengerti arti pentingnya sebuah TESTIMONIAL ASLI bagi konsumennya ?? Dengan mudahnya mengganti watermark kalian dengan nama dan CP mereka sendiri untuk membuat calon konsumen mereka percaya bahwa produk yang mereka jual sama bagusnya dengan produk kalian ? Ditambah lagi, tanpa permintaan izin terlebih dahulu sebelumnya.
Jadi, saran saya… jika memang kalian menjual produk yang oke, yaitu Egyptian Magic Cream dan Beauty Magic Cream yang bagus dan asli, ayo bangun kepercayaan konsumen kalian sendiri dan publish-lah testimonial asli kalian sendiri. Memang itu butuh waktu, sama seperti saya yang membutuhkan waktu yang panjang untuk memiliki semua kumpulan testimonial tersebut. Itu bukan hal yang mudah, sobat…
Jika kalian melihat testimonial di situs lain tentang Egyptian Magic Cream dan Beauty Magic Cream yang sama persis dengan testimonial yang dipublish di situs saya, ada baiknya ditanyakan terlebih dahulu apakah situs tersebut memang milik saya (karena Egyptian memang memiliki beberapa situs EMC dan BMC) atau hanya perbuatan OS lain yang seperti saya ceritakan tadi.
Mungkin terdengar sepele bagi sebagian orang, tapi percayalah… testimonial adalah hal penting dan tak mudah untuk didapatkan oleh seorang seller. Maka, tolong hargailah… 🙂
NB : Kunjungi situs lain kami www.egyptian-magic-cream.com yaa…
Egyptian Cream mengucapkan banyak terima kasih kepada user produk Egyptian Cream yang kami cintai. Kami ada dan menjadi besar karena kalian. Seluruh saran yang membangun akan kami terima dengan kelapangan hati. Terima kasih kami ucapkan dan salam persaudaraan untuk semuanya 🙂
Mohon maaf jika ada salah kata dalam penyampaian artikel ini.

Leave a comment